Informasi Layanan
Layanan RSUD Majalaya
Persyaratan :
Dalam perkembangannya RSUD majalaya telah melakukan berbagai peningkatan pelayanan di berbagai bidang guna meningkatkan pemenuhun pelayanan terhadap masyarakat.
Adapun Pelayanan kesehatan yang ada di RSUD majalaya baik umum maupun spesialis adalah sebagai berikut :
1. Pelayanan Medik dan Penunjang Medik terdiri dari :
Ø Pelayanan Medik Umum :
- Pelayanan Gawat Darurat 24 Jam
- Pelayanan Telekonsultasi K-Dokterin Aja dan Home Care
K-Dokterin
Ø Pelayanan Medik Spesialis Dasar :
- Pelayanan Spesialis Bedah
- Pelayanan Penyakit Dalam
- Pelayanan Obstetri dan Ginekologi
Ø Pelayanan Medik Spesialis Lain :
- Pelayanan Spesialis Bedah Saraf
- Pelayanan Spesialis Kulit dan Kelamin
- Pelayanan Spesialis Kesehatan Jiwa
- Pelayanan Spesialis Orthopedi
- Pelayanan Spesialis Mata
- Pelayanan Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah
- Pelayanan Spesialis Paru
- Pelayanan Spesialis Bedah Mulut
- Pelayanan Spesialis Bedah Urologi
- Pelayanan Spesialis Rehabilitasi Medik
- Pelayanan Spesialis Anestesi
- Pelayanan Spesialis/Instalasi Radiologi
- Pelayanan Spesialis/Instalasi Patologi Klinik : Laboratorium
- Pelayanan Spesialis/Instalasi Patologi Anatomi
Ø Pelayanan Medik Subspesialis :
- Pelayanan Subspesialis Ginjal - Hipertensi/Hemodialisa
- Pelayanan Subspesialis ICU – Konsultan Intensive Care
2. Pelayanan Keperawatan dan Kebidanan
Ø Pelayanan asuhan Keperawatan
Ø Pelayanan Asuhan Kebidanan
3. Pelayanan Kefarmasian
4. Pelayanan Penunjang terdiri dari :
a. Pelayanan Penunjang yang diberikan oleh tenaga Kesehatan
- Pelayanan Laboratorium Patologi Klinik
- Pelayanan Laboratorium Patalogi Anatomi
- Pelayanan Instalasi Gizi
- Pelayanan Intensif : ICU, NICU/PICU
- Pelayanan BDRS (Bank Darah Rumah Sakit)
- Pelayanan CSSD (Central Sterile Supply Department)
- Pelayanan Rekam Medis
- Pelayanan EEG (Electro Enchepalografi)
- Pelayanan Endoskopi
- Pelayanan Geriatri
- Pelayanan EKG Tread Mill
- Pelayanan Fisioterapi, Terapi Wicara
- Pelayanan Audiometri
- Pelayanan TB – RO & TB - SO
- Pelayanan MCU (Medical Check Up)
- Pelayanan Tumbuh Kembang
- Pelayanan HIV (Klinik Seroja)
- Pelayanan Nyeri (Klinik Nyeri)
- Pelayanan Vaksinasi Umum
- Pelayanan Keluarga Berencana
- Pelayanan Thalasemi
- Pelayanan Hemodialisa
- Pelayanan CT Scan
b. Pelayanan Penunjang yang diberikan oleh Tenaga Non Medik :
- Pelayanan Ambulance
- Pelayanan Mobil Jenazah
- Pelayanan IPSRS
- Pelayanan Laundry
- Pelayanan Kesling
- Pelayanan Pemulasaraan Jenazah
- Pelayanan IPAL
- Pelayanan SIMRS
Mekanisme/Prosedur :
- Pasien dan keluarga datang ke RS
- Pasien dan keluarga diterima oleh petugas Screening rawat jalan untuk dilakukan pemeriksaan awal
- Jika pasien memiliki gejala yang mengarah ke covid-19 maka pasien dimasukkan ke ruang isolasi untuk dilakukan pemeriksaan oleh dokter
- jika pasien aman, maka pasien menuju ruang pendaftaran untuk mengambil nomor antrian dan pasien didaftarkan sesuai dengan kepersertaan yang dipilih oleh pasien atau keluarga pasien : Umum, BPJS, SKTM, Jampersal atau Kontraktor
- untuk pasien umum dapat melakukan pembayaran karcis rawat jalan dikasir
- pasien diperiksa oleh dokter dan perawat/bidan
- jika diperlukan dapat melakukan pemeriksaan penunjang (Laboratorium atau radiologi)
- pasien kemudian ke petugas administrasi rawat jalan untuk pencetakan billing rawat jalan
- pengambilan obat ke apotek
- pasien pulang / rawat
Waktu Penyelesaian :
15 menit / pasien setiap hari kerja (08.00 sd 14.30)
Biaya :
-
Produk Layanan :
pelayana rawat jalan klinik penyakit Dalam
Pengaduan :
- Ruang Pengaduan : Lantai 1 & 3 RSUD Majalaya
- Kotak Saran
- Nomor Telepon : 022-5950035 ext. 168
- Email : rsud_majalaya@yahoo.co.id
- Intergrasi LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat ) : SMS ke 1708
- SMS Gateway / SMS SIGAPKU :
- Ketik : saran#isi saran
- Kirim ke 08112000220 / 081224843919
- Prosedur pengelolaan pengaduan mengikuti standar pelayanan pengaduan yang telah ditetapkan
Layanan Unggulan RSUD Majalaya
Persyaratan :
a) Pelayanan KJSU (Kanker, Jantung, Stroke, dan Uro-Nefrologi)
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI terus berupaya memenuhi sarana dan prasarana alat kesehatan untuk layanan prioritas kanker, jantung, stroke, uronefrologi, serta kesehatan ibu dan anak (KJSU KIA) di rumah sakit jejaring pengampuan. Kemenkes juga berupaya melakukan pemenuhan terhadap sumber daya manusia (SDM) kesehatan.
Upaya di atas merupakan wujud dari transformasi layanan rujukan, yakni perbaikan mekanisme rujukan, peningkatan akses dan mutu layanan rumah sakit, serta layanan penyakit prioritas nasional. Layanan penyakit prioritas kanker, jantung, stroke, dan uronefrologi ini termasuk penyakit katastropik dengan pembiayaan jaminan kesehatan tertinggi.
Penyakit kardiovaskuler seperti jantung, kanker, stroke, gagal ginjal tiap tahun terus meningkat dan menempati peringkat tertinggi penyebab kematian di Indonesia terutama pada usia-usia produktif dan ini adalah merupakan penyakit katastropik. Penyakit katastropik adalah penyakit yang dapat mengancam jiwa, membutuhkan perawatan medis dalam jangka waktu panjang, serta membutuhkan biaya pengobatan besar..
Sepanjang 29 Februari2024, kasus penyakit katastropik yang paling banyak ditemukan di Indonesia adalah penyakit jantung (3,6 juta kasus), kanker (672 ribu kasus), stroke (623 ribu kasus), dan gagal ginjal (249 ribu kasus).
Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap Masyarakat di Kabupaten Banudng, Rumah Sakit Umum daerah Majalaya menyelenggarakan Pelayanan KJSU yang menjadi salah satu pelayanan Unggulan yang dapat meningkatkan daya saing juga semakin inovatif. Ini sesuai dengan prinsip bahwa rumah sakit seperti mahluk hidup yang secara alamiah akan berusaha untuk bertahan hidup dan berkembang. Berbagai hal dilakukan mulai dari meningkatkan kapasitas SDM, memperbaiki proses layanan, berusaha memperoleh pengakuan melalui akreditasi hingga memperbaiki kemasan layanan. Semuanya berujung pada dihasilkannya pengembalian finansial untuk kemampuan hidup dan berkembang dalam jangka panjang organisasi rumah sakit.
Namun dalam konteks RS publik yang tidak mengutamakan keuntungan, bagaimana pengembangan layanan unggulan ini sebaiknya diterapkan Apakah layanan unggulan adalah sesuatu yang harus menghasilkan kinerja keuangan Jika suatu layanan sangat dibutuhkan oleh masyarakat (angka kesakitan tinggi dan trend menunjukkan akan angka ini akan terus meningkat), padahal kelompok masyarakat yang membutuhkan layanan tersebut sebagian besar berasal dari kalangan tidak mampu (yang artinya membutuhkan subsidi), mungkinkah layanan tersebut dikembangkan menjadi unggulan.
Berikut adalah foto-foto atau dokumentasi sarana dan prasaran Alat Kesehatan KJSU di Rumah Sakit Umum Daerah Majalaya :
Mekanisme/Prosedur :
-
Waktu Penyelesaian :
-
Biaya :
-
Produk Layanan :
-
Pengaduan :
-
Pelayanan UGD
Persyaratan :
Pelayanan Instalasi Gawat Darurat Umum, IGD Maternal/Neonatus dengan Pelayanan 24 Jam. Terdapat juga Fasilitas berupa Ambulance sebanyak 3 unit dan Mobil Jenazah sebanyak 1 unit dengan pelayanan 24 jam.
Mekanisme/Prosedur :
- Pasien datang
- Pendaftaran oleh keluarga / pengantar
- Pencetakan SEP BPJS
- Dilakukan tindakan medis sesuai keluhan
- Pemeriksaan penunjang (bila diperlukan)
- Penyerahkan resep oleh petugas ke pasien
- Penyelesain administrasi di kasir
- Pengambilan obat di Apotek
- Pasien Pulang / dirawat / rujuk
Waktu Penyelesaian :
1. Respon tindakan oleh petugas kurang dari 5 menit 2. lama tindakan disesuaikan dengan kondisi pasien
Biaya :
-
Produk Layanan :
pelayanan Pasien Gawat Darurat
Pengaduan :
- ruangan pengaduan : Lantai 1 & 3 RSUD Majalaya
- Kotak saran
- Nomor telepon : 022-5950035 ext. 168
- Email : rsud_majalaya@yahoo.co.id
- intergrasi E-LAPOR (Layanan Arpirasi dan Pengaduan Online Rakyat) : SMS ke 1708
- Prosedur pengelolaan pengaduan mengikuti standar pelayanan pengaduan yang telah ditetapkan
Brosur Pelayanan RSUD Majalaya
Persyaratan :
Mekanisme/Prosedur :
-
Waktu Penyelesaian :
-
Biaya :
-
Produk Layanan :
-
Pengaduan :
-
Jadwal Pelayanan Dokter
Persyaratan :
Informasi Jadwal pelayanan dokter dapat di akses melalui aplikasi mobile jkn dan informasi di instagram resmi RSUD majalaya
atau bisa mengakses aplikasi AMANDA
Mekanisme/Prosedur :
-
Waktu Penyelesaian :
-
Biaya :
-
Produk Layanan :
-
Pengaduan :
-
AMANDA (Aplikasi Mandiri Daftar Antrian, fasilitas pendaftaran pelayanan rawat jalan melalui pendaftaran online)
Persyaratan :
Klik disini www.pendaftaran.rsudmajalaya.com untuk mendapatkan akses terhadap aplikasi AMANDA
Mekanisme/Prosedur :
-
Waktu Penyelesaian :
-
Biaya :
-
Produk Layanan :
-
Pengaduan :
-